28 Oktober 2011

44 Unit Lapak PKL di Resmikan Bersama

(APKLI KOTA MATARAM). Secara bersama-sama Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi UKM Drs. Neddy Rafinaldy Halim,MS, Direktur Dagang Kecil dan Menengah dan Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Drs.Suharto,MM, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Keuangan Kementerian Dalam Negeri Drs.Musyrif Suawardi,HN,MM, Assiten II Setda Provinsi NTB HM.Nur Asikin Amin dan Walikota Mataram H.Ahyar Abduh memukul bedug di rangkai dengan Penandatangnan Prasasti dan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Penataan Lokasi 44 unit PKL (Pedagang Kreatif Lapangan) di Jalan Presean Mataram depan RSU provinsi NTB. Selasa (11\10)

Walikota Mataram H.Ahyar Abduh dalam sambutannya mengatakan penataan lokasi PKL ini akan menjadi contoh bagi penataan lokasi PKL di tempat lain di kota mataram, saat ini masih tersisa 31 titik lokasi yang belum tertata secara maksimal.

“Image PKL terkesan buruk,kumuh dan kotor serta banyak masalah akan mampu kita hilangkan jika bersama-sama mau membangun dan menata PKL, bahkan menjadi wirausaha hingga menjadi pengusaha yang memiliki omzet tinggi”. Ujarnya.

Lanjut Ahyar Abduh, Pemerintah Kota Mataram telah berkomitmen tidak akan menggusur PKL, melainkan melakukan penataan dengan memberikan solusi lahan terlebih dahulu. walaupun Bandara Selaparang telah pindah namun Kota Mataram tetap menarik menjadi tempat untuk berinvestasi.

Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi UKM Drs. Neddy Rafinaldy Halim,MS yang mewakili Menteri Koperasi menyambut gembira rangkaian sinergi kebersamaan dalam memberdayakan PKL, tidak hanya di Mataram tapi juga di seluruh indonesia.

Mengacu data APKLI, Neddy Rafinaldy Halim menegaskan jumlah PKL 22.9 juta tersebar di seluruh indonesia, sementara data BPS dari kementerian ada 53.8 juta pelaku usaha mikro kecil menengah seluruh indonesia, terdiri dari 53.1 usaha berskala mikro yang memiliki aset sampai 50 juta dengan omzet maksimal 300 juta selama 1 tahun.

“ Kalau ada pernyataan 22,6 juta adalah PKL (Pedagang Kreatif Lapangan) maka sesungguhnya pengusaha-pengusaha kecil di indonesia itu, 50% adalah di sumbang oleh PKL”. Kata Neddy

Neddy sepakat dengan pernyataan Walikota Mataram, agar tidak menggusur PKl namun di berdayakan dan di tata, ini juga sesuai dengan rencana menteri dalam negeri akan membuat permendagri yang meminta pemerintah daerah menetapkan lokasi-lokasi atau kawasan khusus di daerah di peruntukkan untuk PKL

Peresmian 44 unit lapak PKL di jalan Peresian ini di rangkai dengan penyerahan bantuan sebesar 50 juta kepada Koperasi Wanita Anjani Kota Mataram dari Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi UKM Drs. Neddy Rafinaldy Halim,MS dan penyerahan Gerobak secara simbolis oleh Asisten II Setda NTB HM.Nur Asikin Amin Kepada Walikota Mataram sebanyak 50 unit Gerobak. Sementara hadir dalam acara ini adalah 30 orang dari 3 rombongan Kementerian, Wakil Walikota Mataram H.Mohan Roliskana, Kadiskop UMKM NTB Ir.H.Moh.Rusdi,MM,Ketua DPRD Kota Mataram, seluruh SKPD ,Camat,Lurah Se Kota Mataram. (Abdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar